Pages

Tuesday, December 29, 2015

Solusi Menyembuhkan Ambeien Selain Operasi

Dokter, sudah lama saya memiliki sakit ambeien. Terus terang saya tidak berani untuk melakukan operasi. Saat ini ambeien saya sudah sebesar ujung kelingking, kira-kira Dokter punya solusi lain selain operasi? Mohon jawabannya Dok. Terimakasih.

Thyra (Wanita, 24 tahun)
thyra_XXXXXX@gmail.com
Tinggi 154 cm, berat 70 kg

Jawaban

Ambeien memiliki nama lain: puru sembilik (dalam dubur), wasir, bawasir, haemorroid. Ambeien adalah pembengkakan urat-urat pada ujung pelepasan (dubur). Lengkapnya, kondisi di mana vena (pembuluh-pembuluh darah balik) di daerah bawah rektum atau di sekitar anus mengalami peradangan (inflamasi) dan pembengkakan.

Ambeien ada empat stadium:
Stadium 1: BAB (buang air besar) berdarah atau disertai darah
Stadium 2: stadium 1 + ada benjolan yang keluar saat BAB. Benjolan otomatis masuk setelah BAB.
Stadium 3: stadium 1 + benjolan yang besar/bengkak. Benjolan dapat masuk ke anus dengan bantuan jari.
Stadium 4: Benjolan semakin membesar, tak mampu masuk ke anus. Benjolan tampak nyata dari luar.

Operasi dilakukan oleh dokter beserta tim medis pada stadium tiga dan empat.

Sayang sekali saudari Thyra Mutiara belum menyebutkan apakah benjolan yang dialami tersebut secara otomatis masuk sendiri sesuai BAB, dan apakah disertai perdarahan.

Berikut ini solusi mengatasi ambeien selain operasi:
1. Diet tinggi serat.
2. Hindari terlalu lama duduk di kloset.
3. Perbanyak minum air bening (1,5 - 2 liter per hari).
4. Hindari makanan pedas.
5. Hindari minuman beralkohol.
6. Hindari semua minuman/makanan yang berpotensi merangsang dan mengganggu atau menyulitkan sistem pencernaan untuk bekerja (teh, kopi, minuman bersoda, roti gandum padat, junk foods, dsb)
7. Upayakan BAB teratur, minimal sehari sekali.
8. Hindari sering menggunakan obat pencahar.
9. Hindari suka mengejan saat BAB.
10. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan segar.
11. Berolahraga teratur, misalnya: berenang, senam, jogging. Hindari olahraga berat, seperti: berkuda, angkat besi.
12. Hindari suka mengangkat beban berat.
13. Berpola hidup sehat, selaras, serasi, dan seimbang.
14. Untuk muslimin-muslimat, persering sholat sunah (terutama Tahajud), rajin berpuasa sunah, perbanyak berdoa dan berzikir.
15. Bila keluhan semakin memberat/berlanjut, segeralah berkonsultasi ke dokter/dokter keluarga, atau mengunjungi RS terdekat yang memiliki fasilitas lengkap dan asuransi.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi. Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

11 comments:

Unknown said...

slmat mlm,, nama saya akhsay maulana umur 35 thun asal medan sumatra.begini pertanyaan saya.anak nama isa fhadilah lki"umur 3,7 bulan.pda tgl 18 pebruari 2016.tlah mnggalami demam tinggi.hingga anak saya mnggalami step.alham dulilah skrng sudah sembuh dari sakitnya.tpi yg saya cemaskan mnggapa anak saya sampai.skarang tidak bisa berjalan seperti biasanya.dia trlihat lemas dan tidak aktif seperti seblmnya.durasi masa step saya tidak tahu sbb anak saya baru mnggalami step untuk pertama kali.mohon diberikan pnjelasan dan lngkah"tindakan upaya untuk pnymbuhanya dokter.trima kasih&slmat malam

Anonymous said...

Malam dok , saya mau tanya udah lebih dari 3 bulan perut saya seperti kembung membesar dan keras jika memakai baju ketat jd seperti orang hamil , perut terasa penuh/engap walaupun makan sedikit , saya sudah memeriksa ke dokter dgn melakukan rontgen, tetapi tidak ada apa apa cuma magh saja , kemudian diberikan obat tetapi tidak ada perubahan, bab saya kurang lancar , sebaiknya saya harus bagaimana dokter ? Terimakasih

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Selamat pagi dok. Saya mau tanya, hampir 2 minggu nenek saya dirawat di RS dikarenakan tekanan darah tinggi, ada pembengkakan jantung, ada cairan diparu2 dan salah satu hasil pemeriksaan dokter yaitu leokosit yang tinggi. Leosit yang semula 23ribu, sempat turun jadi 15rb, dan menurut dokter RS sudah tidak masalah dan di izinkan pulang. Memang 2 hari sebelum pulang, nenek saya sudah membaik. Bisa gerak dan ada tenaga. Tapi besoknya setelah pulang dari RS, nenek saya merasa lemas dan susah untuk makan dan lebih enak tiduran . Untuk suhu badan dan tensi sejauh ini masih normal, juga tidak ada sesak yang dirasakan. Kondisi ini sudah hampir 1 minggu berlangsung. Kira2 apa yang jadi permasalahan dan bagaimana cara mengatasinya ya dok? Terimakasih sebelumnya

Paulus Orah said...

Tanya dokter , Sy Laki usia 54 Th , Kira2 Th 2002 sembelit lalu BAB dipaksa ,Kena ambein Tipe 1 ,2 ; Dikasih obat dokter lumayan ,Lalu Pake obat herbal China lebih baik lagi; Yg masih jd keluhan Kalau makan kebanyakan Serat , suka ngerembes kotorannya sedikit ; Utk dioperasi masih segan, Namyn kalau dioperasi apakah Dijamin nkotoran tdk ngeremves lagi ??? Terimakasih Bandung

Unknown said...

Anak ku berumur 3tahun. Dia sering BAB darahh. Itu apa penyebabnya?
Dan bagaimana cara mengatasinya

Brainking Plus Indonesia said...

Assalamualaikum wr wb.. kami dari pt brainking Science ingin mengabarkan kabar baik Tentang TEROBOSAN DI DUNIA KESEHATAN TELAH HADIR .. "SEMOGA BERMANFAAT.
: https://m.youtube.com/watch?v=diReJOHfmWE

selamat bahagia untuk anda
kini telah muncul wujud hal fakta dari Al Quranul karim
"semua penykit ada obatnya

Temuan Putera Bangsa Indonesia.

Produk indonesia terkagumi di dunia...

Karna kerja serum nutrisi ini tingkat presiden.. (tingkat sel syaraf)..

Di gedung sarinah Lantai 12
Penuh berkah bersama Brainking Plus Nutrition

  Bersama:
-Formulator : Dr Irfan Bukhori
-Penasehat  : Pak Guruh Soekarno Putra

Ini sdikit profile produk dan PT..

Pt Bigking Science @ perusahaan yg di bina oleh Pak Guruh Soekarno Putra untuk anak bangsa yg telah menemukan hal yg baru di bidang kesehatan melalui science yg dimilikinya.. visi dan misi singkat
Mencerdaskan Anak bangsa dan miningkatkan Ekonomi anak bangsa Indonesia.

Salah satu produk yg hebat hingga di lirik oleh berbagai negara

Brainking plus adalah serum sel syaraf otak...bekerja scr holistik (menyeluruh) bekerja d syaraf tepi dan spinal melancarkan semua penyumbatan di pembuluh darah mengaktifkan syaraf yg sdh mati menyambung syaraf yg sdh putus...dgn meyakini ayat suci alquran bahwa semua penyakit ada obat nya dr.irfan buchari .phd meriset belasan tahun utk mencari jawaban nya.. sebelum beliau meriset, beliau 40 malam tahajud istikharoh 40 hari dan berpuasa 40 hr berturut-turut memohon petunjuk Allah..alhamdulillah selama belasan tahun (14 tahun) akhirnya menemukan formulanya serum sel syaraf otak atau yg d namakan brainking plus....skrg anak nya yg autis cumelaude d STAN ...brainking bekerja memperbaiki syaraf tepi ..yang berhubungan dengan masalah THT spt masalah pendengaran penglihatan terlambat bicara penciuman termsk masalah sinusitis dll... apa itu syaraf spinal....syaraf yg berada d sumsum tulang belakang yg berhubungan langsg dengan semua organ vital pd anggota badan spt jantung. Paru2 liver ginjal pankreas organ reproduksi dll...disamping itu sumsum tulang belakang adalah tempat produksi stem cell sehingga dengan perbaikan syaraf spinal di sumsum tulang belakang akan meransang tubuh memproduksi stemcell sehingga kerusakan organ tubuh oleh karna penyakit akan lebih mudah d perbaiki....kenapa manusia itu sakit...???? karena rusak nya system tubuh ....system tubuh d atur oleh otak...

setelah otak dpt nutrisi yg d butuhkan nya ia sebagai pemimpin bs mengatasi semua gangguan apa saja yg mengganggu d dlm tubuh kita...Salam Sehat selalu..!! Hub 08123 01 8900
www.bigkingscience.com
www.brain-king-plus.com

 Visi dan Misi
Pak Guruh Soekarno
Membantu meningkatkan Kesehatan dan kemakmuran bangsa Indonesia

Brainking Plus Indonesia said...

http://www.brain-king-plus.com/search/label/Nutrisi%20Untuk%20Semua%20Penyakit?m=0

Unknown said...

assalamu'alaikum Dok.. mohon penjelasan terkait penyakit ato keluhan yang saya alami sudah 2 th. sy setiap selesai berhubungan sm isterislalu mengeluarkan/kencing darah segar menggumpal seperti agar-agar

Unknown said...

saya sudah cek-up di dokter penyakit dalam bahkan sudah di USG tidak ada dngn prostat, batu ginjal normal semua, sudah dua kali cek up ,, mhn bantuannya dokter

BETA said...

Asalamualakum
Dok saya mau tanya,,sebelumnya saya minta maaf..
Di pantat sebelah kiri saya ada benjolan sebesar kacang,jaraknya sekitar 2cm dri anus..bila terasa sakitnya disekitaran anus,dan apa bila saya pencet keluar NANAH dari anus,bukan dari benjolan tersebut..
Menurut dokter sakit apa yg saya derita ini..
Terimakasih