Pages

Monday, May 4, 2015

Pakai Celana Dalam Baru Tanpa Dicuci, Area Selangkangan Gatal dan Berbau

Awalnya saya curiga karena waktu itu saya membeli celana dalam baru yang langsung saya pakai tanpa dicuci dulu. Awalnya hanya gatal-gatal di sekitar bawah skrotum, kemudian menyebar ke sekitar selangkangan dekat buah zakar dan menjadi berwarna hitam atau merah, serta mengeluarkan lendir/cairan/keringat yang berbau dan gatal-gatal.

Sekarang sudah sekitar 2 bulan, gatal-gatal dan kulit merah tersebut masih terasa. Malah makin menjadi-jadi. Yang tidak saya tahan adalah gatalnya dan jika lembab di sekitar selangkangan akan berbau. Sudah saya obati dengan cara ditaburi bedak supaya tidak gatal, tapi masih begitu.

Jika memasuki waktu subuh, gatalnya tidak tertahan sehingga tanpa sadar tangan saya menggaruk-garuk sampai terasa perih. Apa nama penyakit ini dan mohon solusinya Dok. Terimakasih.

Gugun Prayogo (Pria, 23 tahun)
prayogogugunXXXXX@gmail.com
Tinggi 170 cm, berat 57 kg

Jawaban

Salam Gugun,

Melihat keluhan penyakit yang makin mengganggu setelah dua bulan, gejala terutama gatal bisa disebabkan oleh jamur (misalnya dalam bahasa kedokteran disebut tinea cruris dan candida) atau karena iritasi. Faktor penyebab ialah antara lain cuaca dan aktivitas yang menyebabkan keringat berlebih. Pengobatan pada infeksi jamur adalah salep jamur yang dipakai dua kali sehari selama dua atau 3 minggu minggu dioleskan lebar-lebar sampai 1 cm di luar area kulit yang terkena. Jangan menggaruk karena dapat memperparah hiperpigmentasi. Semoga lekas sembuh.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: