Pages

Sunday, January 4, 2015

Keringat Berlebihan di Telapak Tangan yang Bikin Tak PD

Assalamualaikum, maaf Dok telapak tangan dan kaki saya sering keluar banyak keringat sejak umur 9 tahunan. Tidak PD untuk bergaul, karenanya. Sekarang pun sedang keluar keringat. Tolong Dok. Terimakasih, wassalam.

Dedi (Laki-laki menikah, 48 tahun)
supriatnaDXXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 90 kg

Jawaban

Alaikumsalam wr wb.

Keluhan Pak Dedi sudah lama sekali ya,

Banyak berkeringat (hyperhydrosis) terjadi akibat hiperaktivitas kelenjar keringat. Orang awam sering menyebut keluhan ini sebagai tanda 'jantung lemah'. Namun sebetulnya dalam bidang kedokteran, kami tidak mengenal istilah jantung lemah.

Mengingat gejala yang dialami Pak Dedi sudah terjadi sejak kecil, mohon diingat kembali pada masa itu apa yang sudah Bapak alami. Hyperhydrosis sebagai akibat dari hiperaktivitas syaraf otonomik, merupakan salah satu tanda ketika seseorang mengalami kecemasan sejak lama. Atau boleh dibilang pak Dedi ini adalah seorang pencemas yang cukup berat.

Untuk mengatasinya, maka perlu digali terlebih dulu penyebabnya. Apakah pengasuhan orang tua yang terlalu menekan atau mengekang? Apakah ada trauma di masa kecil (dibully teman, di sekolah, dipermalukan dll)?

Bila sudah ditemukan, maka kita akan melakukan terapi yang berawal dari masa kecil itu. Terapi yang dapat dilakukan antara lain: psikoterapi, hipnoterapi, terapi relaksasi, terapi kognitif dll.

Selain terapi di atas, kemungkinan perlu diberikan terapi farmakologis yang bisa meringankan gejala otonomik yang Bapak alami. Menurut saya, segera konsultasikan dengan psikiater mengingat Bapak sudah cukup (terlalu) lama mengalami keluhan yang tidak menyenangkan ini. Bicarakan secara terbuka agar segera ketemu solusi terbaik untuk masalahnya.

Salam hangat.

dr. Azimatul Karimah, Sp.KJ

2 comments:

Juliadi said...

Selamat siang dok, saya juliadi mempunyai anal laki - laki usia 11 tahun. Anak saya mempunyai keluhan hernia sejak usia 3 bulan, testikal sebelah kananya naik ke atas. Pada waktu lahir normal, testikal keduanya ada pada kantung/tempatnya sampai usia 8 tahun tidak keluhan. Namun, pada usia 9 tahun mengeluh sakit sekitar bawah perut kemudian saya periksakan ke dokter di daerah saya.

Kata dokter tersebut, anak saya harus dioperasi akhirnya pada usia 9 tahun (2013) dilakukan tindakan operasi. Operasi dinyatakan berhasil, testikal kanan dalam kondisi baik sehingga tidak di angkat melainka diturunkan/pada kantungnya.

Setelah operasi. saya kembali membawa anak saya kontrol, namun kebetulan pada waktu kontrol dokter yang menangani anak saya tidak bertugas. Pada saat kontrol, mungkin dpkter yang meemrikasa tidak membaca rowayat operasi pasien. Pada saat kontol itu, asisten dokter tiba - tiba menarik benag operasi dibawah perut anak saya yang membuat anak saya kesakitan.

Sejak saat itu testikal anak saya kembali naik ke atas, dan anak saya tidak bisa berjalan selama 4 hari . Sampai saat ini saya masih menyimpan kekhawatiran dengan masa depan anak saya.

Yang ingin saya tanyakan, berbahayakah bagi anak saya dengan kondsi testikal tersebut?Dampak apa yang akan ditimbulkan kepada anak saya?

Mengingat kadang anak saya masih merasakan kesakitan disekitar perut bawah, apakah anak saya harus operasi kembali?

Atas jawabannya terima kasih

Salam,

Juliadi

ABU SYIFA said...

Haloo dok...saya yeni, mhn ppencerahan dari para dokter spesialis, anak saya mempunyai celah dilangit langit mulutnya ( cleft palate ) ,usia nya skrng 14 bulan, saya mhn penjelasan dok...untuk operasi celah langit langit, yang lebih pas untuk itu apakah dokter bedah plastik , atau dr speialis bedah mulut..mhn penjelasannya dok ..trims