Pages

Sunday, December 14, 2014

Anak Sering Mual dan Ingin Muntah Pasca Operasi Usus Buntu

Dokter saya mau tanya keluhan anak saya. Sekitar 17 hari yang lalu anak saya habis operasi usus buntu, tapi 3 hari belakangan ini tiap bangun tidur dia sering mengeluh sakit perut. Kadang juga kalau habis makan perutnya sering mual dan ingin muntah. Apakah ini efek samping habis operasi, atau ada sesuatu yang lain? Sebagai informasi 3 tahun yang lalu anak saya sudah sering mengeluh sakit perut dan mual, apalagi kalau habis makan, padahal masuk makanannya baru sedikit. Terimakasih Dokter.

Ibransyah (Pria menikah, 41 tahun)
ibransyah10XXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 162 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Dear Ibransyah,

Keluhan yang dirasakan anak anda dapat berhubungan atau tidak berhubungan dengan operasi usus buntu sebelumnya. Dikatakan berhubungan jika terjadi perlengketan di tempat operasi usus buntu, yang kadangkala dapat terjadi pada setiap operasi.

Dikatakan tidak berhubungan jika bukan merupakan suatu perlengketan setelah operasi namun merupakan gejala sakit lambung atau usus 12 jari dimana terdapat radang atau luka yang untuk konfirmasinya diperlukan endoskopi apalagi jika keluhan tersebut sudah dirasakan sejak lama. Saran saya, konsultasi ke spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Salam, semoga bermanfaat.

dr. Indra Wijaya, SpPD, M.Kes

1 comment:

Unknown said...

dok saya berumuran 18 tahun,,saya sering sekali merasakan sakit perut,pusing,mual...
itu merasakan nya hampir 2 jam sekali
dan sakit perut'y itu luar biasa sangat perihhh
itu kendala'y apa dok?