Pages

Saturday, November 22, 2014

Sering Berkemih Saat Berada di Ruangan Ber-AC, Berbahayakah?

Saya sudah 1 bulan ini mengalami sering buang air kecil, saya bekerja pada ruangan ac yang lumayan dingin. Karena saya bekerja di ruangan ac maka saya memperbanyak minum menjadi 3-5 liter 1 hari. Akhir-akhir ini saya merasa intensitas saya dalam membuang air kecil menjadi sering 2-3 kali dalam 4 jam. Saya ingin tanyakan berbahayakah jika sering buang air kecil seperti ini? dan bagaimana untuk mencegahnya? terimakasih.

Yudi (Pria lajang, 27 tahun)
yudiXXXXX@ribhy.co.cc
Tinggi badan 181 cm, berat badan 120 kg

Jawaban

Pak Yudi yth, kebutuhan cairan tubuh kita tergantung cairan yang masuk melalui pencernaan dan cairan yang keluar dari keringat serta penguapan dan pernafasan. Secara umum kebutuhan cairan manusia adalah 1,5 - 3 L sesuai berat badan, aktivitas dan komposisi tubuh.

Dalam ruangan berpendingin udara umumnya mengurangi penguapan dan air keringat sehingga kencing bapak akan bertambah. Sering buang air yang Bapak alami kemungkinan sesuai dengan jumlah air yang bapak minum, bisa dikurangi hingga sekita 2 Liter sehari semalam.

dr. M. Ayodhia Soebadi, SpU

No comments: