Pages

Monday, May 23, 2011

Menghisap Puting Payudara

Dokter YTH.

Pertanyaan saya mungkin bersifat curhat. Tapi saya memang saat ini benar-benar bingung.Saya membutuhkan jalan keluar.
Saya sudah berpcaran dengan pacar saya selam 3 tahun. Selama waktu tersebut kami sering melakukan hubungan yang hampir seperti hubungan suami istri. Kami sering melakukan mastrubasi/onani bersama. Dan salah satu kebiasaan kami adalah pacar saya sering menghisap payudara saya. Sekarang saya ingin putus dengannya, walaupun sebenarnya dia masih mencintai saya. Tetapi saya benar-benar bingung sebab saya takut jika apa yang pernah kami lakukan diketahui oleh suami saya kelak. Apakah puting payudara (secara medis) yang pernah dihisap mempunyai bentuk yang berbeda dok? Apakah lebih besar atau bagaimana? Mohon penjelasannya? Dan mohon saran dari dokter. Terimakasih.

Hormat saya,

Dewi

Jawaban:

Dewi yang baik, umumnya perubahan bentuk payudara seseorang ditentukan oleh beberapa faktor seperti pertambahan usia, riwayat mengkonsumsi obat-obat tertentu, cara berpakaian (misal penggunaan BH sebagai penopang payudara, dll), perawatan tubuh yang baik, serta gizi yang dikonsumsi. Jadi Insya Allah tidak ada perbedaan bentuk antara puting payudara yang pernah dihisap dengan yang belum. Saran saya untuk Dewi, hentikanlah kebiasaan buruk tersebut. Lakukanlah hubungan seksual hanya dengan suami Dewi kelak.

Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.

(dr. Dewi Martalena)

32 comments:

Anonymous said...

dok, kalau mau konsultasi harus meninggalkan comment dimana? terimakasih

aptyucrydmarley said...

Siang dok
sya mau tanya,sy sdh 3 bln menikah,
dan payudara saya ko jadi makin besar,malah yang sebelah kiri malah sedikir lbh besar,q sering merasa pegal,dansedikit nyeri,tp tak ada benjolan apa apa,
tolong ya dok.makasih

kacung said...

dok,saya mau bertanya tapi gak tahu cara masuknya,bisa kasih tolong kasih tahu cara ngisi kolomnya gimana...?

kacung said...

dok,
saya sudah nikah 2,5 tahun sampai saat ini hampir tiap hari saya selalu bermain keras karena istri gak suka kalau mainnya pelan.saya mengalami kejadian pada saat penis ditarik terlalu keluar dari lubang vagina dan ketika dimasukan lagi dengan keras penis gak pas lubang sehingga penis terasa patah/sakit sekali.sekarang kulit di belakang kepala penis seperti pendarahan dari dalam.pertanyaanya dok...apakah hal tersebut berbahaya dan bisa menggangu hubungan intim sama istri?serta apa efek jangka panjangnya?
terimakasih dok...

aries said...

dok sy kan pya biduran tp wktu melahirkan anak pertma smpat sembuh tp wktu anak kedua lahir cesar bidurku muncul lagi dan sy komsumsi obat incidal OD pdhl sya menyusui gimn dok...sy tkt efeknya pd anak sy...tp skrg sy sdh tdk minum incidal lgi...jd yg aman bt menyusui obat apa ya dok...trimaksih

okky astari said...

siang dok,,cara post pertanyaan'y gmn ya?

saya mw tanhya...saya sebulan lalu ke dokter kulit karena sempat alergi makan cumi dan timbul jerawat banyak setelah perawatan sudah berkurang banyak bekas2nya..saya sempat membaca klo bawang putih sangat efektif untuk hal itu..tapi kenapa setelah 3x saya menggunakan bawang putih kulitnya jd kering dan memerah?

dwi said...

halo.. selamat malam dok,,

sayya mau tanya nih dok,.. kan kebanyakan orang" pengen membesarkan payudaranya biar kelihatan seksi.. tapi,, ada juga nih dok sahabat sayya yg payudaranya besar alami.. dan itu sangat mengganggu fisiknya dok,, punggungnya terasa sakit, bahkan sampai kepercayaan dirinya hilang total.. keberatan mungkin kali yah,, aktifitas jdi terbatas..!! pertanyaaannya dok,, bisa ngga mengecilkan payudara..?? mohon jawabannya dok..

VIRGO SHOP said...

dok, saya nina. saya ingin tanya. anak saya dulu gemuk, tapi semakin besar dia semakin kurus, dan saya khawatir sekali dengan pertumbuhan badannya. memang saya sering merasa stres. tapi itu pengaruh utk anak saya. tapi dulu dia minum susu formula. & semenjak sering muntah saya berhenti memberikn susu formula. gimana dok, saya bingung...

sinta said...

Dok saya sinta 25 th sya mau tanya akhir2 ini keputihan saya banyak , berwarna putih dan tidak gatal, dan agak bau, yg saya mau tanyakan apakan keputihan saya ini normal dok,, dan biasanya apa yg menyebabkan keputihan ini, tks

Anonymous said...

Dok, kalau pengen konsul secara pribadi lewat email boleh tidak?

Anonymous said...

Dok saya indah, balikpapan. saya mau nanya soal kesehatan mama saya (48th). dulu mama saya pernah menderita gangguan ginjal, tp sakarang uda mendingan. mama saya jg mempunyai tekanan darah rendah, dan dulu pernah mengalami iritasi telinga dalam. beberapa hari yang lalu mama tersetrum, lumayan lama sih, shg menurunkan tensinya jadi 90. padahal gangguan telinga mama saat ini sedang kambuh. jd d beri obat tetes telinga (TARIVIT), tp kondisi badannya harus fit utk menkonsumsi obat tsb. nah, yg mau saya tanyakan penambah darah yg tepat & cepat menaikan HB untuk mama sy apa y? yg tidak mengganggu aktifitas kerja ginjalnya. shg bisa mengobati radang telinganya. sy bingung harus d obati yg mana dulu. makasi....

Anonymous said...

@anonymous,jadi teman curhat saya saja di fourseven2001@yahoo.com,sekalian tambah teman

Unknown said...

Dok saya sam dari sleman, saya mau curhat ni dok. saya menggunakan gigi palasu dan untuk penahanya adalah kawat, pemakaian gigi palsu lebih dari 5 tahun belum ganti. sekarang saya sering sesak nafas ? dan di sendi kaki kadang linu. apakah ada kaitanya dengan sesak nafas saya . dan yang saya takutkan kalu gejala tetanus mohon penjelasanya

rindu said...

dok, saya mau tanya, saya setiap selesai halangan selalu ada seperti keputihan yang seperti bubuk susu, terkadang membuat saya gatal2. sering membuat saya gonta ganti celana dalam.

Anonymous said...

Ass, dok saya lista 18thn dari bandung saya mau konsultasi soal payudara saya yg tidak tumbuh normal . Payudara saya sangat kecil bra saya hanya berukuran 32/paling kecil dan putingnya pun tidak berbentuk bulat masih menyatu dgn kulit ? Apakah penyebabnya dok ? Dan bagaimana cara untuk mengatasinya ?terima kasih

Anonymous said...

dok saya mau tanya, istri saya tidak sedang hamil, waktu saya menghisap putingnya kog mengeluarkan cairan darah? apakah itu normal? tapi pada saat payudara/puting ditekan tidak mengeluarkan cairan apa-apa. terima kasih sebelumnya.

Anonymous said...

Nipple Discharge adalah cairan yang keluar dari puting susu.
Sekitar 20% wanita mengeluarkan cairan yang menyerupai susu atau cairan jernih secara spontan. Ketika melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), akan keluar cairan dari payudara pada 50-60% wanita kulit putih dan wanita kulit hitam, serta 40% wanita Asia-Amerika.

PENYEBAB
Penyebabnya bisa berupa:

Abses payudara (paling sering ditemukan pada wanita menyusui)
Cedera pada payudara
Obat-obatan (misalnya simetidin, metildopa, metoklopramid, pil KB, fenotiazin, reserpin, antidepresi trisiklik atau verapamil)
Prolaktioma (tumor di dalam otak yang menghasilkan prolaktin). Prolaktin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa, yang memicu pertumbuhan kelenjar susu dan pembentukan air susu.
Papiloma intraduktal (tumor jinak yang tumbuh di dalam saluran payudara)
Ektasia duktus (pelebaran dan pengerasan saluran payudara akibat penuaan dan kerusakan).

Nipple discharge yang bukan karena keganasan, hampir separuhnya disebabkan oleh papiloma dan sisanya disebabkan oleh perubahan fibrokista atau ektasia duktus. Nipple discharge yang merupakan keganasan hanya sekitar 10% dan hampir selalu unilateral.
GEJALA
Cairan yang seperti susu (keruh, berwarna keputihan, encer dan tidak lengket) adalah jenis cairan yang paling sering ditemukan dan kebanyakan disebabkan oleh laktasi (pembentukan air susu) atau menigkatnya mekanisme perangsangan puting susu akibat sentuhan, pengisapan atau iritasi pakaian selama melakukan olah raga atau aktivitas lainnya.
Jika cairannya mengandung darah atau encer (serosa) penyebabnya adalah papiloma atau infeksi.
Biasanya cairan yang jernih, seperti susu, kuning atau hijau, dan keluar dari kedua puting susu, bukan merupakan pertanda dari kanker payudara. Cairan yang mengandung darah atau encer, terutama jika hanya keluar dari salah satu puting susu, merupakan cairan yang abnormal; tetapi hanya sekitar 10% cairan abnormal yang bersifat ganas.
Cairan dari puting susu perlu mendapat perhatian khusus jika:

Berwarna kemerahan atau encer disertai warna merah, pink atau coklat
Lengket dan warnanya bening atau berwarna coklat sampai hitam (mengkilat)
Keluar secara spontan tanpa harus memijat puting susu
Sifatnya menetap
Hanya keluar dari salah satu puting susu (unilateral)
Cairan selain air susu.

DIAGNOSA
Pemeriksaan diagnostik untuk nipple discharge meliputi:

Biopsi payudara (jika ditemukan benjolan)
Sitologi cairan CT scan kepala (untuk mencari tumor hipofisa)
Mammografi
Kadar prolaktin serum
Transillumination
USG payudara
Galaktogram atau duktogram (untuk membantu menemukan papiloma intraduktal).

PENGOBATAN
Pengobatan standar untuk nipple discharge yang tidak dipengaruhi oleh hormon adalah pemotongan saluarn. Pemotongan saluran biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal dan prosedurnya dilakukan melalui sayatan kecil di daerah areola (daerah berwarna kecoklatan yang mengelilingi puting susu). /medicatore

Anonymous said...

Dok sy ibu rumah Tangga dan punya anak 1. Setelah sy punya anak bentuk payudara sy berubah mengecil. Gimana cara memperbesar lagi ya dok. Trimksh

Anonymous said...

Payudara wanita terdiri atas jaringan ikat, kelenjar, serta jaringan lemak, yang semua bagian itu dilapisi oleh kulit. Kelenjar dengan bantuan hormon prolactin, menghasilkan susu. Apabila seorang wanita melahirkan, maka kadar hormon prolactin di dalam tubuhnya akan meningkat dan merangsang kelenjar untuk menghasilkan susu. Biasanya hal ini diikuti dengan ukuran payudara yang membesar. tetapi setelah itu memang tergantung dari kondisi payudara itu sendiri, ada yang setelah menyusui ukuran payudara kembali mengecil ke ukuran sebelumnya, ada juga yang tetap pada ukuran seperti saat menyusui. bila anda berharap payudara membesar tanpa operasi, tentunya itu bukanlah hal yang mudah...biasanya perawatan2 yang ada lebih ditujukan pada pengencangan payudara , bukan pembesaran... tetapi apabila anda ingin mencoba, anda dapat menemui dokter kebidanan dan kandungan , biasanya apabila memungkinkan dokter akan memberikan salah satu alternatif , yaitu terapi yang berkaitan dengan hormon. tetapi tentunya perlu serangkaian pemeriksaan terlebih dahuilu sebelum dapat diberikan terapi tersebut.

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

R

Unknown said...

Hy dok, umur saya 21th setelah saya lulus sma tiba2 muncul payudara baru yg kecil seeperti payudara bayi di bagian bawah payudara kiri saya takut,slama ini tidak ada rasa sakit atau apapun sih . Menurut dokter hal seperti itu bagaimana.


Salam

Unknown said...

Dok saya mw tanya, pada usia kehamilan 1 bulan apabila suami menghisap payudara istri dan merangsang bagian vital istri apa dampak nya pada kehamilan dok...???

Unknown said...

dok saya baca2 artikel katanya payudara yg di hisap menyebabkan hamil di luar nikah .. tp bagaimna bisa y dok.. trus cara mengembalikan payudara yg sudah kendor akibat di pegang2 gmna dok, trus payudara akhir2 ini sering sakit dok?

Anonymous said...

dokter saya mau tanya. saya mempunyai suami setiap saat berhubungan seksual dia selalu menghidap payudara saya. tanpa sengaja keluar darah sperti noda darah yang ada disekitar puting saya. dan suami saya seorang perokok. menurut dokter apakah tu gejala kanker payudara atau mastitis. saya benar benar takut mohon balasannya dok.

Doni said...

Dok saya mau tanya,apabila saya behubungan seks lalu saya menghisap payudara pasangan saya,setelah itu saya langsung ada riak darah saat saya meludah,apa payudara itu dihisap terdapat darah?

Doni said...

Atau saya kena penyakit yg lain?

Doni said...

Atau saya kena penyakit yg lain?

Doni said...

Dok saya mau tanya,apabila saya behubungan seks lalu saya menghisap payudara pasangan saya,setelah itu saya langsung ada riak darah saat saya meludah,apa payudara itu dihisap terdapat darah?

Kristin said...

Dok saya mau tanya puting saya kan sempet sakit dan luka habis itu saya berobat sembuh tapi skrg sakit lagi bekas luka nya juga mengering tapi kaya ada kuning" gtu dan kemaren saya merasa panaS dingin berobat sembuh tp skrg kalau di tetein ke anak gak keluar tapi kalau di pompa keluar itu kenapa yah dok?

KLINIK APOLLO said...

Blog yang sangat menarik isinya informatif sekali .



Punya Problem Penyakit Menular Seksual ? konsultasi chat online dengan dokter spesialis Kesehatan kelamin Gratis aman terjaga, privasi pasien terlindungi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi, Dokter spesialis kelamin kami untuk masalah penyakit Kencing nanah, herpes, sipilis, keputihan, Kutil kelamin ( Kodiloma Akuminata)ejakulasi dini dan masalah kelamin lainya

www.klinikapollo.com

6 Manfaat Bagi Istri Apabila Payudara Sering dihisap Sama Suaminya said...

Apa boleh menghisap payudara ?