Pages

Wednesday, September 1, 2010

Sering Mimisan Apakah Kanker?

Saya wanita berusia 23 tahun, saya sering mengalami mimisan sejak SD. Sudah beberapa kali ke dokter tapi tidak pernah mendapatkan penjelasan yang memuaskan. Biasanya dokter hanya menyarankan untuk beristirahat. Hasil pemeriksaan darah selalu normal, hanya trombosit saja yang kurang tekanan darah juga normal. Akhir-akhir ini saya mengalami mimisan hampir setiap hari biasanya bangun tidur (pagi hari) dengan jumlah yang cukup banyak. Yang ingin saya tanyakan apakah ada kemungkinan saya menderita kanker atau tumor?
-Fitri-

Jawaban:
Dear Fitri ,

Mimisan atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai Epistaksis bukan suatu penyakit melainkan gejala suatu kelainan. Penyebabnya di bagi 2 yaitu

Penyebab lokal :
·   Seperti luka ( mengorek hidung, terjatuh, terpukul )
·   Infeksi hidung
·   Tumor atau kanker
·   Pengaruh lingkungan (perubahan tekanan atmosfier mendadak seperti pada penerbangan atau menyelam atau lingkungan udara yang sangat dingin).
·   Benda asing
·   Idiopatik (tidak diketahui penyebabnya) biasanya epistaksis yang ringan yang berulang pada anak dan remaja.
Penyebab sistemik
·   Penyakit darah tinggi
·   Kelainan darah (seperti kekurangan trombosit, leukemia dan hemofilia)
·   Infeksi sistemik (seperti deman berdarah)
Â
Berdasarkan sumber pendarahannya mimisan di bagi 2 :


1. Bagian depan

Biasanya pendarahan tidak begitu hebat dan bila pasien duduk darah akan keluar dari lubang hidung, seringkali berhenti spontan dan mudah diatasi .


2. Bagian belakang

Pendarahan bagian belakang sering terjadi pada usia lanjut yang menderita kelainan sistemik seperti penyakit darah tinggi, pendarahan biasanya hebat dan jarang berhenti spontan.

Karena kami tidak melakukan pemeriksaan terhadap Fitri dan sangat disayangkan Anda tidak menyebutkan angka trombositnya, sehingga kami tidak bisa menerangkan penyebab dari mimisan Anda.

Bila mimisan tidak begitu hebat dan dapat berhenti spontan, kemungkinan ini jenis mimisan bagian depan yang penyebabnya adalah idiopatik. Selain itu hasil pemeriksaan dokter tidak menerangkan adanya kelainan, maka kemungkinan Anda tidak menderita tumor. Agar lebih jelas lagi Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mengetahui lebih lanjut adakah tumor di hidung.


Semoga keterangan yang kami berikan dapat menjawab pertanyaan Anda.Â


(dr. Lian Marliana)

3 comments:

Anonymous said...

Numpang tanya dok..
Adik angkat ku penderita Thalasemmia.. apa gara" penyakit itu, atau bukan yah!? adik angkat aku sekarang sering mimisan dan hampir stiap hari.. Bahaya gk dok? Gimana cara mengatasi nya?

Anonymous said...

dok saya mau tannya kalo mimisan yang setiap hari dan merupakan penderita anemia yg katanya parah itu bagaimana ya dok ? terimakasihh

Unknown said...

Dok saya mau nanya , saya punya teman yang setiap hari mimisan , dia tidak punya keturunan yang mengidap kanker tp saat saya tanya lebih detail dia sering sakit punggung saat kecapekan, sering muntah dulu pas kecil , nah apa ini termasuk gejala kanker dok ? Sedangkan muntah dan sakit punggung sudah tidak kambuh .hanyasaja mimisan setiap malam sekitar pukul 11-3 dini hari dok .. dia juga mengeluh terkadang kepala bagian belakang merasakan sakit . Trimakasih dok