Pages

Monday, June 28, 2010

Rusuk kiri bagian bawah terasa sakit

Selamat sore nama saya wulan,usia 24 thn.Sekarang saya sedang hamil 20 minggu. Dalam 2 minggu terakhir di rusuk kiri bagian bawah terasa sakit sekali. Kadang sampai nyerinya tembus ke belakang. Pernah 2 kali di bawa ke tukang pijat. Katanya salah urat.Tapi sampai sekarang tidak sembuh-sembuh. Malahan intensitas nyerinya makin banyak. Biasanya setelah itu jantung saya berdebar-debar. Saya sakit apa ya?Apa itu pengaruh dari kehamilan saya? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

- Wulan -

Jawaban :

Pertama-tama saya mengucapkan selamat atas kehamilan ibu yang Alhamdulillah sudah menginjak usia 20 minggu.Pada usia ini janin sudah memiliki panjang sekitar 20-25 cm dan beratnya sekitar 0,5 kg. Seluruh jaringan syaraf di dalam otak telah selesai terbentuk dan janin bisa mengenal lingkungan sekitar. Bulan ini gerakan bayi sudah dapat dirasakan oleh ibu meskipun gerakannya belum nampak dari luar. Sebaiknya ibu jangan mengambil barang-barang dengan membungkukkan pungung atau meloncat karena janin mengalami penekanan dalam perut, dan bisa membahayakan, menyebabkan kematian pada janin.Lebih baik ibu melakukan gerakan berjongkok untuk mengambil barang di lantai dan dalam melakukan aktivitas,sebaiknya dilakukan dengan lambat,tidak tergesa-gesa atau melakukannnya deng perubahan mendadak, karena dapat menyebabkan kram otot karena hal ini dikarenakan si janin terkejut dengan perubahan aktivitas disekitarnya.

Sayangnya dalam pertanyaan ibu, tidak ada keterangan apakah ibu sebelumnya pernahmenderita penyakit maag,lokasi nyeri di labung atau di otot,dan nyeri itu disertai dengan bercak darah atau tidak. Karena pada ibu hamil, peningkatan produksi asam lambung memang lebih tinggi dari biasanya. Dan nyeri dilambung juga dapat menyebabkan rasa tidak enak didaerah jantung.

Saran saya, mungkin lebih baik ibu memeriksakan keluhan ibu ke dokter spesialis kandungan terdekat sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan janin ibu di dalam kandungan. hindari melakukan keegiatan yang terlalu melelahkan, minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi, jaga kondisi emosi anda, dan jangan minum obat penghilang rasa sakit sembarangan karena dapat mengganggu perkembangan janin anda.Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat bagi ibu.

Wassalam

- Dr. Muslimah Hussein -

No comments: